Kamis, 26 Juni 2014

Penyakit Jantung

Penyakit Jantung | Penyakit jantung merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia. Secara khusus setiap tahunnya, di Amerika Serikat 478.000 orang meninggal karena penyakit jantung koroner. Penyakit jantung merupakan penyakit periferal arterial sama seperti penyakit stroke merupakan penyakit yang mematikan.

Penyakit jantung


Penyakit jantung tidak lepas dari gaya hidup yang kurang sehat yang banyak dilakukan seiring dengan berubahnya pola hidup. Faktor pemicu penyakit jantung ialah merokok, mengonsumsi makanan berkolestrol tinggi, kurang gerak, malas berolahraga, stres, dan kurang istirahat.

Serangan jantung merupakan kondisi ketika kerusakan dialami oleh bagian otot jantung akibat mendadak berkurangnya pasokan darah ke bagian otot jantung. Berkurangnya pasokan darah ke jantung secara mendadak dapat terjadi saat salah satu nadi koroner terblokade selama beberapa saat, entah akibat spasme - mengencangnya nadi koroner - atau akibat penggumpalan darah - thrombus.

Bagian otot jantung yang biasanya dipasok oleh nadi yang terblokade berhenti berfungsi dengan baik segera setelah splasme reda dengan sendirinya, gejala-gejala hilang secara menyeluruh dan otot jantung berfungsi secara betul-betul normal lagi. Ini sering disebut crescendo angina atau coronary insufficiency. Sebaliknya, apabila pasokan darah ke jantung terhenti sama sekali, sel-sel yang bersangkutan mengalami perubahan yang permanen hanya dalam beberapa jam saja dan bagian otot jantung termaksud mengalami penurunan mutu atau rusak secara permanen. Otot yang mati ini disebut infark.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar